Sunday, January 15, 2017

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA

Tags

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya muslim dan juga hasil rempah- rempahnya yang tinggi, menjadikan para saudagar penjuru dunia termasuk para saudagar arab timur tengah, Gujurat dan Persia tertarik untuk masuk ke negara indonesia.
setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. 632 M. pada abad ke-7 (tujuh) atau abad pertama hijriyyah. Waktu itu saat masih pemerintahan sahabat khulafaur rosyidin (Abu bakar Assiddiq R.A)

Teori masuknya islam ke indonesia melalui tiga teori yaitu teori Gujurat, Persia dan teori Makkah.
1.Teori Gujurat
Teori yang di pelopori oleh Snouck Hurgronje menyatakan bahwa agama islam baru masuk indonesia pada abad ke-13 yang di bawa oleh pedagang dari kambay gujarat india.
2. Teori Persia
Teori yang yang di pelopori oleh P.A Husein Hidayat, teori ini mengatakan bahwa agama islam indonesia di bawa oleh pedagang persia (sekarang jadi negara Iran) karna ada kesamaan serta kebudayaan masyarakat indonesia.
3.Teori Makkah
Teori ini mengatakan bahwa islam indonesia langsung dari makkah sebagai pusat agama di abad ke tujuh. Teori ini di dasari oleh sebuah berita yang menyatakan pada abad ke tujuh sudah terdapat sebuah perkampungan muslim di pantai barat sumatra.

mulai abad awal hijriyyah sebagian besar wilayah indonesia sudah berdiri kerajaan-kerajaan yang menganut agama budha seperti kerajaan Sriwijaya di sumatra, kerajaan kutai di kalimantan timur dan masih banyak yang lainnya.
Akan tetapi islam datang ke wilayah-wilayah tersebut bisa di terima dengan baik oleh masyarakat ,sebab islam datang dengan prinsip-prinsip yang baik, perdamain dan ketentraman.
Dan prosesnya dengan cara yang baik pula seperti Perdagangan, Perkawinan, Pendidikan dan Kesenian.


EmoticonEmoticon